Transaksi Cashless Tidak Lazim Dikenal

Spread the love

Beberapa transaksi cashless tidak cukup lazim dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hanya beberapa orang yang sudah sangat terbiasa dengan transaksi cashless yang tahu transaksi tersebut. Misalnya convert paypal menjadi alat pembayaran belanja online. Apakah anda tahu Paypal? Paypal bisa diibaratkan sebagai rekening online yang bisa dimiliki siapa saja. Untuk bisa mendapatkan akun Paypal tentunya anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada website resmi Paypal. Rekening Paypal biasa digunakan oleh orang yang biasa bertransaksi online, dengan Paypal anda bisa melakukan transaksi elektronik dengan mudah. Anda bisa menerima dana atau menggunakan dana tersebut menjadi metode pembayaran. Bagi orang yang sudah biasa menjelajah internet pasti tahu dengan Paypal. Rekening online ini sudah ada sejak zaman dahulu dimana e-money belum terkenal. Mungkin Paypal merupakan salah satu pionir produk e-money di dunia.

Dampak Positif Transaksi Cashless

Transaksi non tunai merupakan salah satu transaksi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Beberapa dampak positif yang dihasilkan oleh transaksi cashless merupakan faktor penarik orang menggunakan sebuah produk e-money untuk bertransaksi cashless. Dampak positifnya antara lain ;

  • Lebih Aman

Anda akan merasa lebih aman jika membiasakan diri untuk bertransaksi cashless, alasannya tentu saja anda tidak membutuhkan uang tunai yang jumlahnya cukup banyak untuk bertransaksi. Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar yang bisa membuat anda jadi sasaran kejahatan. Seperti yang kita sudah pahami bersama, kejahatan bisa terjadi ketika ada kesempatan. Dengan bertransaksi cashless membuat anda bisa merasa lebih aman tidak diselimuti rasa waswas karena membawa uang tunai dengan jumlah yang besar. Lagi pula saat ini hampir semua orang terbiasa dengan transaksi cashless yang tentunya semakin memudahkan anda menggunakan e-money untuk semua transaksi yang anda lakukan.

  • Lebih Simpel

Jika anda akan melakukan transaksi yang melibatkan uang banyak, anda tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dengan jumlah banyak. Metode cashless menjadi metode pembayaran yang paling simpel. Anda bisa hanya mengandalkan smartphone atau kartu anda untuk melakukan transaksi. Semua ini akan membuat hidup anda lebih simpel. Anda akan bisa sangat terbantu ketika anda menggunakan metode cashless.

  • Bisa Transaksi Multinasional

Jika anda memiliki rekening Paypal, anda bisa mengandalkan rekening ini untuk bertransaksi secara internasional. Convert Paypal ke mata uang mana saja sudah memungkinkan, jadi anda tidak perlu ribet untuk menghitung berapa uang yang harus anda bayarkan secara rupiah jika bertransaksi dengan orang luar negeri. Anda bisa mendapatkan barang atau jasa yang anda inginkan dari luar negeri tanpa harus repot bertransaksi lewat bank. Rekening online Paypal bisa anda manfaatkan. Bisa bertransaksi internasional dengan mudah merupakan salah satu dampak positif penggunaan cashless untuk hidup anda.

  • Lebih Sehat

Sesuai saran dari badan kesehatan dunia atau WHO, saat ini kita harus meminimalkan transaksi tunai karena uang berpotensi besar untuk menularkan berbagai macam virus dan penyakit lain yang cukup berbahaya bagi kesehatan anda. Dengan menggunakan pembayaran metode cashless, anda dipercaya akan lebih sehat karena anda akan lebih sedikit berinteraksi dengan uang yang menjadi media transmisi virus atau bakteri.

Dampak Negatif Transaksi Cashless

Selain memberikan dampak positif, penggunaan cashless juga bisa memberikan dampak negatif. Semua dampak negatif ini perlu anda perhatikan agar bisa terhindar. Di antaranya adalah ;

  • Ada Potensi Tertipu

Jika anda pernah mengalami penipuan online, ini merupakan salah satu dampak negatif jika anda bertransaksi cashless namun dengan cara online. Apalagi anda tidak bertransaksi di marketplace terpercaya, sebuah kemungkinan tertipu sangat besar terjadi pada diri anda. Potensi tertipu bisa anda tekan jika anda berbelanja dan bertransaksi cashless melalui marketplace terpercaya. Jangan biarkan anda menjadi korban penipuan selanjutnya.

  • Susah Mengontrol Keuangan

Disadari atau tidak, jika anda sudah merasa nyaman dan mudah saat bertransaksi cashless, anda akan lebih susah untuk mengontrol keuangan anda. Nafsu untuk selalu bertransaksi semakin besar dikala anda bisa bertransaksi dengan mudah. Anda ingin selalu membeli sebuah produk yang tidak anda butuhkan karena kemudahan cara pembayarannya. Memang semua transaksi tercatat semua secara digital dan itu sangat akurat, yang dipermasalahkan adalah susahnya mengendalikan nafsu kita untuk terus berbelanja dan menghabiskan uang elektronik yang kita miliki.

Bagaimana Menyikapi Transaksi Cashless?

Dengan segala dampak negatif dan positif yang diberikan oleh sebuah transaksi cashless, anda harus bisa menyikapi transaksi ini dengan baik. Anda harus menerima perubahan kebiasaan bertransaksi cashless ini, jika anda menolak mungkin anda bisa menjadi orang yang dianggap cukup kuno. Bahkan ada transaksi yang tidak anda kenal seperti convert Paypal. Perubahan selalu terjadi dengan atau tanpa persetujuan anda, perubahan akan selalu datang pada anda.